F CERITA TENTANG KELACUTAN QORUN - by omcatur

CERITA TENTANG KELACUTAN QORUN


قَوْلُ اللهِ تَعَالَى : إِنَّ قَارُوْنَ كَانَ مِنْ ثَوْمِ مُوْسَ فَبَغَى عَلَيْهِمْ الأية . سورة القصص ٧٦ *
*
فَخَسَفْنَا بِهِ وَبَدَارِهِ الْأَرْضَ فَمَا كَانَ لَهُ مِنْ فِئَةٍ يَنْصُرُوْنَهُ مِنْ دُوْنِ اللهِ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُنْتَصِرِيْنَ. سورةالقصص٨١

Artinya :
Sesungguhnya Qorun adalah termaksud quomnya nabi Musa, namun dia durhaka terhadap kaumnya.
Kemudian saya ( Alloh ) menenggelamkan Qorun dan rumahnya (harta bendanya), maka tidak ada segolonganpun yang dapat menolongnya selain Alloh, dan dia tergolong orang yang mendapat pertolongan.
Ketika turun ayat bab zakat terhadap nabi Musa, Qorun datang ke tempatnya Nabi Musa. Kemudian Nabi Musa menerangkan bab Zakat pada Qorun bahwasanya setiap 1000 dinar zakatnya 1 dinar,setiap 1000 dirham zakatnya 1 dirham,setiap 1000 kambing zakatnya 1 kambing dan lain-lain.Lalu Qorun kembali ke rumahnya dan menghitung jumlah harta yang harus di Zakati. Setelah di hitung-hitung tenyata jumlahnya sangat banyak sekali, akhirnya Qorun tidak mau menyerahkan Zakatnya. Kemudia
Qorun mengumpulkan orang-orang Bani Isroil dan Berkata : “Wahi orang –orang Bani Isroiil sesungguhnya Nabi Musa memerintahkan terhadap kamu sekalian tentang segala peraturam Agama, yang mana dalam satu perintahnya yaitu kalian di perintahkan untuk memberi makan padanya(Musa) yang tujuannya dia adalah untuk merampas harta kalian. (Qorun menyimpangkan penjelasan bab zakat pada orang Bani Isroil dengan mengatakan bahwa Nabi Musa mempuyai tujuan untuk merampas harta orang-orang Bani Isroil).
Orang Bani Isroil berkata : Engkau adalah pembesar kami, maka perintahkanlah kami mengerjakan sesuatu dengan kehendakmu. Qorun berkata : Saya perntahkan kalian untuk mendatangkan pelacur, pelacur tersebut nanti diberi ongkos dan supaya mengaku bahwa dia berbuat zina dengan Musa. Nanti apabila pelacur melakukan perbuatan tersebut maka orang-orang Bani Isroil akan mendatangi Musa berbuat zina dengan pelacur tersebut.
Kemudian pelacur tersebut di panggil menhadap Qorun. Qorun memberi upah sebanyak 1000 dinar dan 1000 dirham ( sebagian ada yang menerangkan Qoorun memberikan Bokor Emas ) dan Qrun mengatakan pada pelacur tersebut : ‘Saya akan memberikan kedudukan padamu dan saya akan mencampurkan dengan istri-istriku dengan syarat besok ketika orang-orang Bani Isroil datang di tanah lapang kamu supaya mengaku bahwa kamu berbuat zina dengan Musa.
Keesokan harinya Qorun mengumpulkan orang-orang Bani Isroil di tanah lapang, kemudian Qorun datang pada Nabi Musa dan berkata : ‘ Wahai Nabi Musa sesungguhnya orang-orang Bani Isroil sedang menunggu dirimu untuk menerima nasehat darimu dan pengarahan tentang perintah dan larangan agama, serta peraturan-peraturan agama. Kemudian Nabi Musa keluar menuju tanah lapang
dan berdiri di kalangan orang-orang Bani Isroil dengan mengtakan : ‘ Wahai orang Bani Isroil barang siapa yang mencuri maka di hukum potong tangannya, barang siapa yang menuduh zina tanpa mendatangkan saksi maka hukumnya di jilid ( di cambuk ) 80 kali, barang siapa yang berbuat zina dan belum mempunyai Istri maka Hukumnya di jilid (di cambuk 100 kali) dan di asingkan selama 1 tahun, dan barang siapa yang berbuat zina dan sudah mempunyai istri maka Hukumnya di Ranjam sampai mati ( di kubur setengah badan kemudian di lempar batu sampai mati ).
Kemudian Qorun berkata : ‘Wahai Musa apabila kan]mu yang berbuat zina itu adalah kamu sendiri bagaimana? Apakah juga di Ranjam? Jawab Nabi Musa : “walaupun saya yang berbuat zina tetap harus di ranjam. Qrun berkata : sesungguhnya orang-orang Bani Isroil mengatakan bahwasanya kamu melakukan zina dengan seorang pelacur.! Nabi Musa berkata : panggilah permpuan tersebut kalaw memang benar-benar berbuat zina dengan saya.
Setelah permpuan itu datang Nabi Musa berkata : ‘Wahai perempuan, Demi Dzat yang telah memecah lautan untuk orang-orang Bani Isroil dan dzat yang telah menurunkan kitab taurot, saya bertanya kepada mu dan kamu harus jujur ,apakah kamu berbuat zina dengan saya?.Kemudian Allloh memberi Ilham pertolongan di dalam hati perempuan itu,lalu perempuan itu berkata di dalam hatinya ; apabila saya memperbarui diri saya dengan melaksanakan melaksanakan toubat itu lebih baik dari pada saya menyakitkan pada roosul Alloh, perempuan itu berkata : Demi Alloh saya tidak berbuat zina dengan mu, akan tetapi Qorun lah yang menyuruhku. Dengan memberi upah agar saya menuduh zina dengan saya.
Setelah mendengar jawaban itu Nabi Musa sujud sambil menangis dan bedo’a : “ Ya Alloh kalau memang saya ini utusanmu maka murkalah ? maralah karna diriku, ‘ kemudian Alloh menurunkan wahyu kepada nabi Musa bahwasanya Alloh memerintahkan Bumi untuk menta’ati perintahnya Nabi Musa sesuai kehendaknya. Kemudian Nai Musa berkata :’ Wahai orang-orang Bani Isroil sesungguhnya
Alloh mengutus pada saya terhadap Qorun seperti Alloh mengtus saya terhadap Fira’un, sekarang barang siapa yang ingin bersama dengan Qorun maka tetaplah bersama Qorun, dan barang siapa yang ingun bersamaku maka berpisalah dengan Qorun. Kemudian mereka semua memisahi Qorun kecuali ada 2 orang yang masih tetap bersama nya. setelah itu Nabi Musa berkata : Wahai Bumi telanlah Qorun dan 2 orang pengikutnya, lalu bumi menelannya hingga telapak kakinya. Nabi Musa Berkata lagi ; wahai Bumu telanlah mereka , kemudian Bumi Menelannya hingga tengah-tengah mereka (pusar), dan Bumi terus menelan mereka hingga leher.
Pada waktu Bumi menelan sampai leher, Qorun minta tolong pada Nabi Musa dengan sumpah-sumpah agar Nabi Musa mema’afkan Qorun.Dalam riwayat ada yang menerangkan Qorun merengek-rengek sampai 40 kali,ada yang menerankan 70 kali, akan tetapi Nabi Musa tidak sedikitpun menoleh pada Qorun saking marahnya, lalu Nabi Musa berkata lagi pada Bumi : Wahai Bumi telanlah mereka, lalu Bumi menelan mereka hingga tenggelam dalam perut Bumi hingga hari Kiamat.
Kemudian Alloh memberi wahyu pada Nabi Musa : “Wahai Musa sungguh keras hatimu,Qorum minta tolong padamu hingga 70 kali akan tetapi kamu tidak mau menolongnya, Ingatlah Demi kemulyaanku dan keagungan seandainya Qorun minta tolong padaku walaupun hanya sekali maka aku akan menolongya, mulai sekarang saya tidak akan memerintahkan Bumi untuk tha’at pada siapapun.
Qotadah(Promi) berkata : Setiap hari Qorun di benamkan ke dalam perut Bumi sedalam berdirinya satu orang laki-laki dengan keadaan meronta-ronta, keadaan seperti it uterus terjadi hingga hari kiamat dan itu belum sampai pada dasarnya BUMI.
Setelah itu orang-orang Bani Isroil berkata : sesungguhnya Nabi Musa mendoakan Qorun dengan
tujuan agar bisa menguasai rumah-rumah, gedung-gedung dan dan harta kekayaan milik Qorun. Sewaktu mendengar ucapan Bani Isroil, Nabi Musa berdoa agar rumah-rumah ,gedung-gedung dan kekayaan di tenggelamkan ke dalam perut Bumi.
Demilianlah cerita tentang perbuatan lacutnya Qorun, yang akhirnya Alloh menyiksa Qorun dengan menenggelamkan Qorun dan seluruh hartanya ke dalam perut Bumi. Mudah –mudahan cerita tersebut bisa kita ambil hikmahnya dan Nasehat bagi kita,walaupun betapa hebatnya seorang manusia, kayanta seorang manusia, apabila dia kufur terhadap Alloh, maka Alloh akan menyiksanya dan tidak ada seorang makhlukpun yang mencegah siksanya Alloh.
Maka dari itu koreksilah diri kita sebelum nantinya di koreksi oleh yang Maha Kuasa yang mengakibatkan penyesalan yang tiada hentinya.
Mudah-mudahan Alloh paring Barokah.
أمين
Cerita ini dikutip dari hadist riwayat IBNU ABBAS di dalam tafsir KHOZIN.
makanya harta yang sering di temukan di Bumi itu di sebut dengan harta Karun.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Feature Post